UNIT PENJAMINAN MUTU POLTEKKES KEMENKES SORONG

Gambaran Singkat SPMI Poltekkes Kemenkes Sorong

Sejarah pembentukan SPMI Poltekkes Kemenkes Sorong

Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan program  yang penting dan wajib dilaksanakan oleh semua institusi penyelenggara pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Adapun pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan tinggi telah diatur sesuai Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  No.  62  Tahun  2016  tentang Sistem  Penjaminan  Mutu Pendidikan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan  Tinggi  No.  32  Tahun  2016  tentang  Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan dan implementasi sistem penjaminan mutu merupakan aspek yang menentukan untuk  meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Paradigma baru pengelolaan pendidikan tinggi menempatkan akuntabilitas, evaluasi, akreditasi dan otonomi  sebagai  prinsip  dasar  dalam  penyelenggaraan pendidikan  tinggi,  sedangkan  kualitas  ditempatkan  pada pusatnya. Ini bermakna bahwa mutu adalah pusat dari penerapan keempat prinsip pengelolaan pendidikan tersebut.

Unit Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (PMPT) telah ada di Poltekkes Kemenkes Sorong dengan nama awal saat dibentuknya tim review dan penyusunan dokumen mutu yang merupakan tindak lanjut dari tuntutan SISDIKNAS dan Badan Standaisasi Nasional Pendidikan. Melalui SK Direktur nomor HK.03.05/1.02/599.1/2015 tanggal 20 Agustus 2015 dibentuklah sub unit penjaminan mutu dan operator PDDIKTI 8 program studi Poltekkes Kemenkes Sorong dan SK Direktur No HK.03.02/01.02/444a/2017, tertanggal 02 Mei 2017, telah dibentuk tim review dan penyusunan dokumen mutu yang melaksanakan tugasnya secara lebih independen dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Sorong. Pembentukan ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan Poltekkes Kemenkes Sorong.

Poltekkes Kemenkes Sorong dalam mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) membentuk unit penjaminan mutu yang terdiri dari unit penjaminan mutu tingkat rektorat yang disebut Unit Penjaminan Mutu (UPM) dan di Program Studi disebut satuan penjaminan mutu program studi. UPM dalam menjalankan SPMI berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Unit Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Sorong bertujuan menjamin pemenuhan standar pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu dimana semua pihak harus memiliki pola pikir, pola sikap, pola perilaku berdasarkan standar pendidikan tinggi.

Struktur organisasi Unit Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Sorong

SESUAI SK Direktur No HK.03.02/01.02/444a/2017, tertanggal 02 Mei 2017

Tugas dan Fungsi UPM

Sesuai   KepMenKes nomor HK.02.03/1.2/08810/2013 tentang perubahan kedua atas peraturan menteri kesehatan RI No. HK.03.05/1.2/03086/2012 tentang Petunjuk Teknis Ortala Poltekkes Kemenkes dan SK Direktur Poltekkes Kemenkes Sorong Nomor : HK.01.07/1.02/052/2017 tentang perubahan surat keputusan Direktur Poltekkes Kemenkes Sorong Nomor HK.03.05/1.02/246/2015 tentang penetapan struktur organisasi Poltekkes Kemenkes Sorong Periode 2015-2019 maka tugas Unit Penjaminan Mutu adalah;

  1. Pelaksana administrasi tata usaha di unit penjaminan mutu
  2. Perencana, pelaksana, pengendali dan pengawas pelaksanaan sistim penjaminan mutu internal
  3. Memberi layanan pengadaan dan pengendalian dokumen SPMI
  4. Melaksanakan audit mutu internal
  5. Membantu dalam perencanaan kebutuhan sistim penjaminan mutu internal
  6. Menampung dan menindaklanjuti semua keluhan pelanggan
  7. Mengkoordinasi pelaksanaan akreditasi institusi dan akreditasi program studi

Kepala Unit Penjaminan Mutu:

(Sesuai SK Direktur nomor HK.02.03/I/001.3/2019)

  1. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan di unit penjaminan mutu
  2. Menyiapkan bahan rancangan usulan pengembangan politeknik kesehatan di unit penjaminan mutu untuk disampaikan ke direktur
  3. Menyusun kebijakan direktur tentang pelaksanaan penggunaan unit penjaminan mutu secara terpadu
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas

Tim review dan penyusunan dokumen mutu

(SK Direktur No HK.03.02/01.02/444a/2017)

  1. Melaksanakan review tentang penjaminan mutu dan menyusun dokumen penjaminan mutu pada masing-masing program studi sesuai jabatannya
  2. Berkoordinasi dan melaporkan hasil kegiatan kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Sorong

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

SPMI dilaksanakan berdasarkan visi dan misi Poltekkes Kemenkes Sorong yang diintegrasikan kedalam pedoman-pedoman penjaminan mutu internal yang terdapat pada:

  1. Kebijakan Mutu
  2. Sasaran Mutu
  3. Standar Mutu
  4. Manual Mutu
  5. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan formulir-formulirnya